Friday, October 02, 2009

teknologi pada abad ke-20

Setelah masa kejayaan Islam redup, perkembangan teknologi dilanjutkan di Eropa dimana banyak penemuan-penemuan penting yang merubah kehidupan manusia baik itu positif maupun negative. Perkembangan teknologi pasca Islam ditandai dengan terjadinya revolusi Industri pada abad ke-18 yang diawali di Inggris. Revolusi Industri berdampak luas tidak hanya dalam bidang ekonomi dan teknologi tetapi juga seluruh bidang kehidupan terutama bidang social. Dampaknya tidak hanya terasa di Eropa tetapi dunia pada umumnya. Penemuan –penemuan penting seperti mesin pemintal oleh James Hargreaves serta mesin uap oleh James Watt dianggap sebagai salah satu pemicu terjadinya revolusi industri. Revolusi industri menandai kemajuan pesat teurtama bidang industri yaitu perubahan dalam cara pembuatan barang yang dulu dikerjakan dengan manual menggunakan tenaga manusia digantikan dengan tenaga mesin. Setelah abad ke-18, perkembangan teknologi terus terjadi dan terus disempurnakan hingga mencapai bentuk serta system kerja yang modern. Perkembangan teknologi berlangsung semakin cepat sehingga umur sebuah produk teknologi menjadi semakin pendek. Kami akan menguraikan beberapa teknologi penting pada abad ke-20.

Teknologi dalam bidang kedokteran dengan ditemukannya sinar laser yang sangat berguna sebagai alat pemotong dalam operasi mikro. Albert Einstein adalah tokoh pencetus laser yang merupakan penguataan cahaaya melalui emisi radiasi yang dirangsang. Albert Einstein dianggap sebagai ilmuwan terbesar abad 20 dengan teori relativitasnya yang tidak hanya berdampak positif bagi manusia, sebagai contoh sinar laser, juga berdampak negative yaitu penciptaan bom atom nuklir yang menimbulkan kerusakan dahsyat baik secara materil maupun moril.
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir merupakan salah satu teknologi yang pending pada abad ke 20 ini . Pemanfaatan reaktor nuklir agar berdampak positif yang dapat menghasilkan energi listrik untuk kepentingan umat manusia. Pada abad ini dapat dikatan sebagai abad listrik karena setiap hal mulai dari aktivitas rumah tangga, industri dan semua bidang memerlukan listrik. Karenanya PLTN ini memberikan sumbangan yang berharga bagi kehidupan manusia.
Penemuan serat optic adalah penemuan penting yang melahirkan sarana telekomunikasi untuk mempermudah komunikasi manusia. Keistimewaan dari serat optic ialah kemmapuannya membengkokkan jalannya cahaya. Serat optic ini berupa kaca yang bersifat fleksibel atau filament plastic transparan yang memancarkan cahaya melalui serangkaian pantulan internal. Pada awalnya serat optic ini digunakan hanya dalam bidang kedokteran tetapi kemudian berkembnag untuk mengirimkan telex, telefon dan sinyak televises kabel dimana serat optic ini memiliki keunggulan dibandingkan kabel logam.
Abad ke-20 ditandai juga dengan teknologi komunikasi penting yang membuat hubungan di dunia ini tidak lagi terbatas oleh jarak dan wilayah serta benua. Satelit komunikasi merupakan jaringan satelit raksasa yang berada dalam orbit geostasioner di sekitar bumi. Satelit komunikasi ini berfungsi untuk siaran televisi dan radio dalam skala global sehingga suatu kejadian di suatu Negara akan dapat diketahui dunia dalam waktu yang relative cepat. Teknologi yang muncul pada abad ke-20 merupakan kelanjutan dari hasil-hasil teknologi sebelumnya yang kemudian disempurnakan kembali sesuai dengan semakin berkembangnya pengetahuan manusia.


baca selengkapnya!

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home